Apa Itu WALHI? Organisasi Asal Yogyakarta yang Soroti Rencana Raffi Ahmad Buat Beach Club di Gunungkidul, Begini Kondisi Terkininya

Apa Itu WALHI? Organisasi Asal Yogyakarta yang Soroti Rencana Raffi Ahmad Buat Beach Club di Gunungkidul, Begini Kondisi Terkininya

Raffi Ahmad-raffinagita17/instagram-

Menurut Elki, Pantai Krakal memiliki topografi datar di antara bukit-bukit karst di sekitarnya.

Bukit-bukit karst tersebut penting sebagai tempat resapan air yang menjadi cadangan air bagi wilayah di sekitarnya.


mg1

Dengan luasnya pembangunan beach club milik Raffi Ahmad, kemungkinan merusak wilayah bebatuan karst di sekitarnya semakin besar.

Hancurnya bukit karst dapat menyebabkan rusaknya daya tampung dan daya dukung air. Wilayah Kapanewon Tanjungsari juga termasuk dalam zona-zona rawan bencana banjir dan amblesan tinggi, sesuai peta KBAK Gunung Sewu bagian Timur.

Baca juga: Selain Orangnya Yang Terkenal Manis, Jawa Timur Mampu Menghasilkan Ini Hingga 1,05 juta Ton, Coba Tebak Apa?


mg2

×

Baca juga: Simak Ternyata Ini Cara Lakukan Pemungutan Suara Pilpres 2024, KPU Siapkan Dua Metode

Walhi Yogyakarta merekomendasikan beberapa langkah, termasuk memperketat perizinan pembangunan hotel dan resort, mengendalikan pemanfaatan kawasan bentang alam karst, menjadikan Pantai Krakal sebagai kawasan bentang alam karst yang dilindungi, dan mengendalikan investasi yang masuk ke Gunungkidul.

Tanggapan tersebut menggarisbawahi pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan hidup dalam pengembangan wilayah pariwisata.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr