Jalan Tol Terbesar di Jawa Barat Ini Mangkrak Sejak Tahun 1998, Habiskan Dana Fantastis hingga Rp 30,4 Milliar, Negara Gak Rugi?

Jalan Tol Terbesar di Jawa Barat Ini Mangkrak Sejak Tahun 1998, Habiskan Dana Fantastis hingga Rp 30,4 Milliar, Negara Gak Rugi?

tol-novita-ramdhani/unplash-

Proyek jalan tol di Jawa Barat dimulai pada tahun 1995 dengan tujuan utama mengurangi kemacetan di jalur Jakarta-Bekasi.

Namun, krisis ekonomi pada tahun 1998 menjadi penyebab terhentinya pembangunan proyek tersebut.


mg1

Sebagian jalan tol baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada November 2017, sementara proses uji coba dilakukan pada Maret 2023 setelah seluruh pembangunan jalan tol tersebut selesai.

Dengan panjang 21,04 kilometer, jalan tol ini dikenal dengan nama Becakayu dan menghubungkan daerah Bekasi, Cawang, dan Kampung Melayu.

Anggaran sebesar Rp8,54 triliun telah dikeluarkan selama proses pembangunan ini. Becakayu diharapkan dapat mempercepat perjalanan dari Bekasi ke Jakarta.


mg2

×

Sebelum adanya jalan tol ini, perjalanan dari Bekasi ke Jakarta memakan waktu 2 jam.

Namun, sejak dibukanya Jalan Tol Becakayu, waktu tempuh tersebut berkurang drastis menjadi hanya 30 menit.

Baca juga: Daerah Jawa Tengah Resmi Segera Lakukan Pemekaran Demi Pembangunan IKN, Loh Beneran? 3 Provinsi Baru Ini Jadi Pertimbangan Besar

Baca juga: Karena Daerahnya Sangat Luas! Kapuas Raya dan Ketapang Berencana Bikin Wilayah Mandiri dari Kalimantan Barat? Nambah Provinsi Lagi Tidak?

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr