Keajaiban Pulau Kalimantan, Inilah Arti Singkatan Nama Kalimantan yang Punya 5 Wilayah: Kaltim dan Kalteng Masuk Juga?

Keajaiban Pulau Kalimantan, Inilah Arti Singkatan Nama Kalimantan yang Punya 5 Wilayah: Kaltim dan Kalteng Masuk Juga?

desa-shogun/pixabay-

Profil Pulau Kalimantan

Sebagai pulau terbesar, Pulau Kalimantan terbagi administratif menjadi lima provinsi yang masing-masing memiliki daya tariknya sendiri.


mg1

Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat menciptakan mozaik keberagaman yang membanggakan.

Baca juga: Riau Gak Mau Jangan Bergurau! Bakal Segera Buat Jembatan Paling Megah dengan Menghubungkan 2 Pulau Paling Panjang di Indonesia, Butuh Dana 7 Trilliun

Asal-usul Nama Kalimantan


mg2

×

Tapi, mengapa Kalimantan disebut-sebut memiliki kepanjangan? Nama ini ternyata berasal dari kata Sanskrit Kalamanthana, yang memiliki arti "pulau bercuaca terbakar."

Terdiri dari dua kata, yakni kal[a] yang berarti "masa, musim, waktu," dan manthan[a] yang bermakna "mendidih, memusing, membakar."

Makna dari kata-kata ini menggambarkan Pulau Kalimantan sebagai tempat dengan suhu panas yang menjelaskan iklim tropikalnya yang panas dan lembap.

Sebuah nama yang mencerminkan karakteristik uniknya.

Baca juga: Banjarnegara Mulai Mengeluarkan Taringnya! Dengan 7 Nama Desa yang Unik, Jangan Kaget Ada Diberi Nama Petir Hingga Asinan

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr