Merinding, Potensi Bencana Besar dan Kerusakan Parah Jika Sesar Lembang Bangun, Bandung hingga Gedebage Dalam Bayang-Bayang Rata Dengan Tanah

Merinding, Potensi Bencana Besar dan Kerusakan Parah Jika Sesar Lembang Bangun, Bandung hingga Gedebage Dalam Bayang-Bayang Rata Dengan Tanah

Merinding, Potensi Bencana Besar dan Kerusakan Parah Jika Sesar Lembang Bangun, Bandung hingga Gedebage Dalam Bayang-Bayang Rata Dengan Tanah-jared-murray/unplash-

Potensi Kerusakan Parah

Berdasarkan data yang dikutip dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada tanggal 2 Januari 2024, patahan sesar lembang diidentifikasi sebagai sumber pergerakan yang berpotensi menyebabkan dampak berupa kerusakan pada tingkat intensitas VII-VIII MMI.

Intensitas ini setara dengan percepatan tanah maksimum berkisar antara 0,2 hingga 0,4 g, yang dapat menimbulkan kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kokoh.


mg1

Dampak yang dijelaskan melibatkan potensi lepasnya dinding tembok dari rangka bangunan, robohnya monumen atau menara, dan kekeruhan air.

Adapun bangunan non-struktural sederhana berpotensi mengalami kerusakan berat bahkan hingga menyebabkan runtuhnya bangunan.

Secara umum, tingkat intensitas VII-VIII MMI dapat menghasilkan goncangan sangat kuat dengan tingkat kerusakan bervariasi dari sedang hingga berat.


mg2

×

Kota Bandung, sebagai salah satu lokasi yang berada hanya 3 km dari jalur utama sesar, diprediksi akan menerima dampak paling signifikan.

Analisis Pusat Survei Geologi Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dilakukan melalui mikrotremor di 97 titik Kota Bandung pada tahun 2011 menunjukkan bahwa dampak kerusakan terparah diperkirakan akan terjadi di daerah Gedebage.

Selain Gedebage, daerah-daerah lain yang berpotensi terkena dampak signifikan mencakup Turangga, Lengkong, Babakan Surabaya, Cijagra, Pasir Luyu, Margacinta, Cisaranten Kulon, hingga sebelah selatan Ujung Berung, Cipadung, dan Cibiru.

Gempa di sesar lembang juga dapat memicu risiko longsor di beberapa wilayah, seperti Dago Atas, Pasir Wangi, dan Sisurupan. Bahaya longsor juga dapat merambah ke daerah padat penduduk seperti Cicadas, Coblong, atau Taman Sari.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr