Tangan Kanan Warren Buffett Meninggal Dunia, Miliader Charlie Munger Wafat di Usia 99 Tahun

Tangan Kanan Warren Buffett Meninggal Dunia, Miliader Charlie Munger Wafat di Usia 99 Tahun

Charlie Munger--

Tangan kanan Warren Buffett di Berkshire Hathaway, yakni Charlie Munger, tokoh bijak dalam investasi, meninggal dunia pada Selasa waktu setempat. Munger, yang berusia 99 tahun, tutup usia dengan tenang di rumah sakit California, demikian diumumkan oleh Berkshire Hathaway dalam siaran persnya.

Berkshire Hathaway tidak bisa mencapai prestasinya saat ini tanpa inspirasi, kebijaksanaan, dan kontribusi dari Charlie," kata Buffett dalam pernyataan, Rabu (29/11/2023).


mg1

Selain menjadi bagian dari Berkshire Hathaway, Munger adalah seorang pengacara real estat, ketua dan penerbit Daily Journal Corp. Ia juga menjabat di dewan Costco, sambil menjadi dermawan dan arsitek.

Keberuntungan Munger pada awal tahun 2023 diperkirakan mencapai US$2,3 miliar, suatu angka yang mengesankan namun jauh lebih kecil dibandingkan dengan kekayaan Buffett yang mencapai lebih dari US$100 miliar.

Pada rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway tahun 2021, Munger, yang waktu itu berusia 97 tahun, mengungkapkan rencana suksesi di perusahaan. Ia menyebut bahwa Wakil Ketua Greg Abel akan memimpin setelah era Buffett.


mg2

×

Buffett sering memuji Munger selama hidupnya. Mereka merubah strategi investasi dari mendukung perusahaan-perusahaan bermasalah dengan harga rendah menjadi berfokus pada perusahaan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Munger, dengan kemampuannya, meyakinkan Buffett untuk menandatangani pembelian See's Candies oleh Berkshire pada tahun 1972 seharga US$25 juta, meskipun perusahaan permen tersebut hanya memiliki pendapatan tahunan sekitar US$4 juta. Keputusan tersebut membuktikan nilai investasinya, dengan See's Candies telah menghasilkan lebih dari US$2 miliar penjualan untuk Berkshire sejak saat itu.

"Dia menjauhkan saya dari gagasan membeli perusahaan-perusahaan yang biasa-biasa saja dengan harga yang sangat murah, mengetahui bahwa ada sedikit keuntungan di dalamnya, dan mencari beberapa bisnis yang benar-benar bagus yang dapat kita beli dengan harga yang wajar," kata Buffett kepada CNBC pada Mei 2016.

Munger pernah menyatakan mengapa ia mengambil jalur itu pada rapat pemegang saham Berkshire tahun 1998, "Tidak menyenangkan membeli bisnis di mana Anda berharap bisnis tersebut akan dilikuidasi sebelum bangkrut."

Thomas Munger lahir di Omaha pada 1 Januari 1924, dan seperti Buffett, ia bekerja di toko kelontong milik kakek Buffett saat masih muda. Namun, keduanya baru bertemu bertahun-tahun kemudian. Munger meninggalkan Omaha pada usia 17 untuk belajar di Universitas Michigan dan kemudian mendaftar di Korps Udara Angkatan Darat pada tahun 1943.

Meskipun tidak menyelesaikan gelar sarjana, Munger berhasil lulus magna cum laude dari Harvard Law School pada tahun 1948. Munger dan istrinya, Nancy Huggins, menikah pada tahun 1945. Mereka pindah kembali ke California, di mana Munger memulai praktik hukum di bidang real estat.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr