Diresmikan Pada 2023, Bendungan dengan Biaya Capai 2 Triliun ini Berada di Minahasa Utara, Jadi Kebanggaan Warga Sulawesi Utara

Diresmikan Pada 2023, Bendungan dengan Biaya Capai 2 Triliun ini Berada di Minahasa Utara, Jadi Kebanggaan Warga Sulawesi Utara

bendungan-dimitrisvetsikas1969/pixabay-

Anggaran ini dipergunakan oleh Kementerian PUPR untuk memastikan kelancaran pembangunan bendungan yang menjadi penyelamat dari bencana alam yang pernah melanda Kabupaten Minahasa pada tahun 2014.

Bendungan yang menjadi pusat perhatian ini adalah Bendungan Kuwil Kawangkoan, berlokasi di Desa Kawangkoan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara.


mg1

Diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 19 Januari 2023, Bendungan Kuwil Kawangkoan menjadi simbol keberhasilan proyek konstruksi di Sulawesi Utara.

Proses pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan tidak hanya melibatkan pemerintah pusat tetapi juga melibatkan pemangku kepentingan lokal.

Presiden Jokowi, bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, dan Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin Dotulong, menyaksikan keberhasilan proyek tersebut.


mg2

×

Dengan luas area genangan mencapai 157 hektare dan kapasitas tampung 26 juta meter kubik, Bendungan Kuwil Kawangkoan bukan hanya menjadi benteng pertahanan terhadap banjir bandang, tetapi juga menyediakan sumber daya untuk berbagai kepentingan masyarakat.

Baca juga: Sinopsis Film Sehidup Semati Tayang Januari 2024: Ario Bayu dan Laura Basuki Beri Pengalaman Horor Tak Biasa

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr