Apa Kepanjangan dari Jombang? Benarkah Berasal dari Warna Hijau dan Merah? Berikut 5 Daerah di Jawa Timur yang Memiliki Nama Unik, Kalau Madiun Kota Gadis Apa?

Apa Kepanjangan dari Jombang? Benarkah Berasal dari Warna Hijau dan Merah? Berikut 5 Daerah di Jawa Timur yang Memiliki Nama Unik, Kalau Madiun Kota Gadis Apa?

jawa timur-astama81/pixabay-

Apa Kepanjangan dari Jombang? Benarkah Berasal dari Warna Hijau dan Merah? Berikut 4 Daerah di Jawa Timur yang Memiliki Nama Unik, Kalau Madiun Kota Gadis Apa?

Asal-Usul Nama Daerah di Jawa Timur: Kisah Menarik dari Singkatan


mg1

Penuh misteri dan sejarah, asal-usul penamaan suatu daerah seringkali menjadi cerita yang menarik.

Di Provinsi Jawa Timur, kita akan mengupas lima nama daerah yang unik karena berasal dari singkatan. Yuk, kita telusuri kisah menarik di balik nama-nama daerah ini!

Baca juga: Sumatera Barat Segera Bumi Hanguskan Hutam Lindung dengan Luas 10,5 Km Demi Sebuah Jembatan dengan Dana Rp4,8 Triliun!, 2025 Akankah Rampung?


mg2

×

1. Trenggalek: Terang Ing Galih

Ketika mendengar nama Trenggalek, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa nama ini berasal dari singkatan "terang ing galih," yang artinya terang di hati atau hati yang jernih.

Kisahnya bermula ketika Ki Ageng Sinawang memberikan gelar tersebut kepada Mbok Randa, yang dengan besar hati mengikhlaskan Gajah Putihnya untuk ditumbalkan ke Buaya Putih.

Langkah ini diambil agar Buaya Putih, penjaga sungai, menghentikan gangguannya terhadap pembangunan bendungan setempat.

Baca juga: Prediksi Primbon 2024: 5 Weton yang Bakal Jadi Kaya Raya dan Sukses Secara Kilat, Clue: Pon dan Legi

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr